STATISTIKA MEMPENGARUHI KEBIJAKAN MASA DEPAN


  STATISTIKA MEMPENGARUHI KEBIJAKAN MASA DEPAN
 


Nama              : Nur Darojah Romadhoni
NIM                : 1617202114                                                 
Kelas               : 4-PS C
Matakuliah    : Statistika II
Dosen              : Mahardika Cipta Raharja, SE., M.Si.
           
P


ernahkan anda melihat para investor rumahan yang pekerjaannya hanya membeli dan menjual saham? Pekerjaan mereka hanya duduk manis di rumah dan tak perlu pergi ke kantor. Tapi bukan berarti mereka santai-santai, mereka terus memantau perkembangan nilai saham, nilai tukar mata uang, dan berita kebijakan ekonomi lewat internet, televisi, dan koran. Adapun mereka juga memanfaatkan analisis dari mesin pencari google dan aplikasi lainnya. Sehingga tidak jarang ada yang dapat mengambil keuntungan hingga 400 juta perhari, dengan hanya mengandalkan survey publik, analisis internet, atau intuisi. Inilah termasuk contoh dari individu-individu yang mampu mengolah data yang tersedia dan menghubungkan dengan statistika. Namun, statistika tidak hanya untuk para investor saja, akan tetapi masih banyak contoh lainnya yang menggunakan statistika dalam kehidupan kita, tentunya yang dapat memperoleh keuntungan untuk masa kedepannya.
Menangani Perubahan- Merencanakan ialah memutuskan serangkaian tindakan yang akan dilakukan di masa mendatang; oleh karena itu, perencanaan dan keputusan didasari oleh perkiraan tentang kejadian-kejadian dan/atau hubungan-hubungan di masa yang akan datang. Jadi, pada hakikatnya seseorang perlu melakukan proses atau teknik peramalan untuk memperoleh perkiraan tentang masa depan. Meskipun prosedur statistik jelas tidak akan memungkinkan kita meramal masa depan dengan tepat tanpa kesalahan, terdapat bantuan statistik yang bermanfaat seperti ditunjukkan pada contoh berikut, yang dapat membantu mengukur perubahan saat ini dan meningkatkan proses peramalan (forecasting):
1.      Ahli statistik pemerintah pada periode tertentu mengumpulkan data harga 400 jenis barang yang berbeda dari 50 daerah perkotaan untuk menghitung ikhtisar gambaran bulanan- suatu angka indeks– yang mengukur keseluruhan perubahan tingkat harga antara periode sekarang dan beberapa periode yang lalu. Jadi, seorang pemimpin serikat buruh (atau Anda) dapat menggunakan informasi perubahan tingkat harga dalam menentukan daya beli rupiah sebagai bahan untuk melakukan negosiasi upah buruh yang baru.
2.      Misalkan seorang manajer penjualan mempunyai data penjualan suatu lini produk yang berkembang selama 10 tahun. Jika, setelah mempelajari data deret berkala (time-series) ini, manajer penjualan berkeyakinan bahwa pola masa lalu yang diidentifikasi akan terus bertahan, ia dapat menyusun ramalan penjualan yang akan datang dengan menggunakan prosedur statistik untuk memproyeksikan pola masa lalu ke masa depan. Ia juga dapat mempercepat ramalannya dengan memperhitungkan variasi musiman- misalnya, penjualan yang lebih tinggi selama bulan Desember dibandingkan Februari.

Peramalan- Satu di antara teknik yang bisa digunakan untuk merencanakan tingkat operasi bisnis di masa depan adalah peramalan. Metode dalam peramalan berupa membuat prediksi kejadian-kejadian di masa depan sehingga proyeksi atau prediksi tersebut akan bisa dijadikan panduan dalam proses pembuatan keputusan. Sebagai contoh, pemerintah harus bisa memprediksi variable-variabel seperti kesempatan kerja, inflasi, output industri, serta penghasilan dari pajak pendapatan guna menentukan berbagai kebijakan pembangunan.
Adapun metode peramalan time-series, bahwa dalam metode tersebut bahwa beberapa faktor yang telah mempengaruhi pola dari sekelompok data pada saat ini dan masa yang lalu akan berpengaruh juga, dengan cara yang kurang lebih sama, pada masa yang akan datang. Maka tujuan dari time-series inilah untuk mengidentifikasi dan mengisolasi faktor-faktor yang berpengaruh ini untuk tujuan prediksi atau peramalan dan juga untuk tujuan perencanaan dan kontrol manajerial.
Di bawah ini akan diberikan contoh grafik dari time-series berupa plot data horizontal, yaitu plot data penjualan. Jumlah penjualan selalu meningkat atau menurun pada suatu nilai konstan secara konsisten dari waktu ke waktu. Sehingga dari data tersebutlah akan diketahui prediksi atau peramalan yang akan mempengaruhi keputusan yang akan datang.


            Demikianlah artikel mengenai statistika mempengaruhi kebijakan masa depan. Dari pembahasan di atas, kita dapat menerapkan salah satu contoh dari ilmu statistika berupa peramalan. Jika kita dapat mengetahui pemahaman ilmu statistika mengenai peramalan, kita dapat mengambil manfaat ataupun mengambil keuntungan di dalamnya dengan sangat mudah dalam mengambil kebijakan masa depan dengan akurat disertai data-data yang diperoleh.






Referensi:

Hakim, Abdul, SE, MEc, PhD. 2010. Statistika Deskriptif Untuk Ekonomi &
Bisnis. Yogyakarta: EKONISIA.
J. Supranto. 2009. Statistik Teori dan Aplikasi Jilid 1 Edisi 7. Jakarta: Erlangga.































Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS UNIVARIAT, BIVARIAT DAN MULTIVARIAT

Penerapan Statistika Dalam Kehidupan Sehari-hari (Fitri Hidayatuz Zahroh)

Distribusi Poisson dan Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari-hari