A N   A R T I C L E   B Y


IMG-20171021-WA0008.jpg


NAME                    : NOOR KHOLIFAH
NIM                         : 1617202112
CLASS                    : 4 PERBANKAN SYARIAH C
MATA KULIAH     : STATISTIK II
DOSEN                  
: MAHARDIKA CIPTA R. S.E.,M.Si.


TEMA          :  ANALISIS DATA PENELITIAN DALAM STATISTIKA
TERAPAN
JUDUL        :
STATISTIKA TERAPAN (ANALISIS UNIVARIAT, BIVARIAT, DAN MULTIVARIAT)

I.                PENDAHULUAN
Assalamu’alaikum sobat statistika, pasti pernah denger dong Statistika Terapan, nah dalam belajar ststistika terapan pasti tak bisa jauh dari data kemudian dianalisis, Lalu apa itu analisis data?  untuk apa analisis data diperlukan dalam penelitian? Yuk kita cari tahu...
Analisis Data merupakan proses pengkajian dan pengolahan hingga data menjadi sebuah informasi yang mudah untuk dibaca, nah dari analisis itu lah kita dapat membaca data dengan mudah, berdampak pada penelitian yang sedang dilakukan hingga menghasilkan penelitian yang tepat. Dalam artikel ini akan dibahas analisis data penelitian yang berdasarkan jumlah variabelnya, apa saja ya? seperti yang ada pada judul artikel ini yaitu ANALISIS UNIVARIAT, BIVARIAT, dan MULTIVARIAT.

 


II.          

PEMBAHASAN
Analisis Univariat, Bivariat, Multivariat. Analisis jenis ini terkait dengan banyaknya jumlah variabel dalam data, jumlah variabelnya tidak hanya mencakup banyaknya variabel tetapi mencakup juga macam variabel didalamnya. Variabel dalam penelitian data kuantitatif dibedakan menjadi 2 yaitu variabel bebas (independent variable) dan terikat (dependent variable), variabel bebas adalah variabel yang memengaruhi variabel lain, sedangkan variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi/ sedang diprediksi. Misalnya terjadi pada penelitian tentang pengaruh promosi dengan jumlah penjualan, dimana promosi sebagai variabel bebas dan jumlah penjualan adalah variabel terikat. Oleh karena itu, muncul analisis Univariat, Bivariat Dan Multivariat.

1.      ANALISIS UNIVARIAT
Adalah Analisis yang dilakukan pada satu variabel atau ada lebih variabel tapi tidak saling terkait, jadi setiap variabel dianalisis sendiri-sendiri ya sobaat,,,
Contoh :
Hasil penelitian mengenai kekerasan seksual dapat dilihat pada tabel berikut:
Kekerasan seksual
F
Persentase (%)
Tidak pernah
206
79,2
Pernah
54
20,8
Total
260
100,0







Dari data diatas menunjukan  bahwa sebagian responden tidak pernah mengalami kekerasan seksual, yaitu sebanyak 206 responden (79,2%)

2.      ANALISIS BIVARIAT



     Adalah analisis yang dilakukan pada dua variabel, yang bermanfaat untuk mengetahui hubungan pada dua variabel tersebut. Analisis ini memiliki lebih dari satu variabel bebas dan satu variabel terikat.
Contoh :
“Motivasi kerja dengan produktivitas”
Motivasi kerja sebagai variabel bebas dan produktivitas sebagai variabel terikat. Apakah ada hubungan antara motivasi kerja dengan produktivitas? Apakah ada pengaruh motivasi kerja dengan produktivitas? 
Dalam analisis bivariat ini, secara umum dapat dihitung melalui analisa korelasi (hubungan) dan analisa regresi (pengaruh), tapi tida
k akan dibahas disini ya,,,

3.      ANALISIS MULTIVARIAT
Yaitu analisis yang dilakukan untuk mengetahui hubungan antar variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat, lho hampir sama dong sama analisis bivariat? Ibarat kembar tapi tak sama ya sobat hehe, perbedaan yang jelas terletak pada jumlah varibel bebas dan terikatnya. Analisis Multivariat variabel terikatnya lebih dari satu, sedangkan variabel bebasnya bisa hanya satu ,tujuannya adalah untuk mencari pengaruh variabel-variabel tersebut terhadap suatu obyek secara simultan atau serentak.
 Contoh :
Dalam bidang pemasaran yaitu, menganalisis pengaruh variable kualitas produk, harga dan saluran distribusi terhadap kepuasan pelanggan. misalnya pengaruh kecepatan layanan, keramahan petugas dan kejelasan memberikan informasi terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan.
Analisis multivariat digunakan karena pada kenyataannnya masalah yang terjadi tidak dapat diselesaikan dengan hanya menghubung-hubungkan dua variable atau melihat pengaruh satu variable terhadap variable lainnya. Sebagaimana contoh di atas, variable kepuasan pelanggan dipengaruhi tidak hanya oleh kualitas produk tetapi juga oleh harga dan saluran distribusi produk tersebut.



III.         KESIMPULAN
Yuk sobat kita simpulkan dari pembahasan diatas,  jadi analisis data penelitian kuantitatif berdasarkan jumlah variabelnya dapat dibagi menjadi 3 yaitu analisis Univariat, Bivariat, dan Multivariat.
Univariat itu kita menganalisis satu variabel dan tidak terkait yaa, Bivariat adalah menganalisis dengan 2 variabel yaitu variabel bebas dan terikat, dimana jumlah variabel terikat hanya satu, dan variabel bebasnya bisa lebih dari satu, dan Multivariat adalah analisis variabel terikat yang lebih dari satu dan variabel bebasnya bisa hanya satu.


REFERENSI:

Setyawati.Farida Agus.2017.STATISTIKA TERAPAN Untuk Penelitian pendidikan dan sosial.Yogyakarata: Parama Publishing.
Simamora.Bison.2005.Anailsis Multivariat Pemasaran.Jakarta: PT Gramedi Pustaska Utama.
https://journal.ugm.ac.id/populasi/article/download, analisis statistik sederhana untuk pengambilan populasi.diakses pada 23 April 2018
Gudono.2011.Analisis Data Multivariat.Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS UNIVARIAT, BIVARIAT DAN MULTIVARIAT

Penerapan Statistika Dalam Kehidupan Sehari-hari (Fitri Hidayatuz Zahroh)

Distribusi Poisson dan Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari-hari