STATISTIKA TERAPAN (ANALISIS UNIVARIAT, BIVARIAT, DAN MULTIVARIAT) (NOOR KHOLIFAH 1617202112)
A N A R T I C L E B Y
NIM : 1617202112
CLASS : 4 PERBANKAN
SYARIAH C
MATA KULIAH : STATISTIK II
DOSEN : MAHARDIKA
CIPTA R. S.E.,M.Si.
TEMA : ANALISIS DATA PENELITIAN DALAM STATISTIKA
TERAPAN
JUDUL :
STATISTIKA
TERAPAN (ANALISIS UNIVARIAT, BIVARIAT, DAN MULTIVARIAT)
I.
PENDAHULUAN
Assalamu’alaikum sobat statistika, pasti pernah denger dong Statistika
Terapan, nah dalam belajar ststistika terapan pasti tak bisa jauh dari data
kemudian dianalisis, Lalu apa itu analisis data? untuk apa analisis data diperlukan dalam
penelitian? Yuk kita cari tahu...
Analisis Data merupakan
proses pengkajian dan pengolahan hingga data menjadi sebuah informasi yang
mudah untuk dibaca, nah dari analisis itu lah kita dapat membaca data dengan
mudah, berdampak pada penelitian yang sedang dilakukan hingga menghasilkan
penelitian yang tepat. Dalam artikel ini akan dibahas analisis data penelitian
yang berdasarkan jumlah variabelnya, apa saja ya? seperti yang ada pada judul artikel
ini yaitu ANALISIS UNIVARIAT, BIVARIAT, dan MULTIVARIAT.
II.
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
Analisis Univariat, Bivariat,
Multivariat. Analisis jenis ini terkait dengan banyaknya jumlah variabel dalam
data, jumlah variabelnya tidak hanya mencakup banyaknya variabel tetapi
mencakup juga macam variabel didalamnya. Variabel dalam penelitian data kuantitatif
dibedakan menjadi 2 yaitu variabel bebas (independent variable) dan
terikat (dependent variable), variabel bebas adalah variabel yang
memengaruhi variabel lain, sedangkan variabel terikat adalah variabel yang
dipengaruhi/ sedang diprediksi. Misalnya terjadi pada penelitian tentang
pengaruh promosi dengan jumlah penjualan, dimana promosi sebagai variabel bebas
dan jumlah penjualan adalah variabel terikat. Oleh karena itu, muncul analisis Univariat,
Bivariat Dan Multivariat.
1.
ANALISIS UNIVARIAT
Adalah
Analisis yang dilakukan pada satu variabel atau ada lebih variabel
tapi tidak saling terkait, jadi setiap variabel dianalisis sendiri-sendiri ya
sobaat,,,
Contoh
:
Hasil
penelitian mengenai kekerasan seksual dapat dilihat pada tabel berikut:
Kekerasan seksual
|
F
|
Persentase
(%)
|
Tidak
pernah
|
206
|
79,2
|
Pernah
|
54
|
20,8
|
Total
|
260
|
100,0
|
Dari data diatas menunjukan
bahwa sebagian responden tidak pernah mengalami kekerasan seksual, yaitu
sebanyak 206 responden (79,2%)
2.
ANALISIS BIVARIAT
Adalah analisis yang dilakukan pada dua variabel, yang bermanfaat untuk mengetahui hubungan pada dua variabel tersebut. Analisis ini memiliki lebih dari satu variabel bebas dan satu variabel terikat.
Contoh
:
“Motivasi kerja dengan produktivitas”
Motivasi
kerja sebagai variabel bebas dan produktivitas sebagai variabel terikat. Apakah
ada hubungan antara motivasi kerja dengan produktivitas? Apakah ada pengaruh
motivasi kerja dengan produktivitas?
Dalam analisis bivariat ini, secara umum dapat
dihitung melalui analisa korelasi (hubungan) dan analisa regresi (pengaruh),
tapi tida
k akan dibahas disini ya,,,
3.
ANALISIS MULTIVARIAT
Yaitu
analisis yang dilakukan untuk mengetahui hubungan antar variabel, yaitu
variabel bebas dan variabel terikat, lho hampir sama dong sama analisis
bivariat? Ibarat kembar tapi tak sama ya sobat hehe, perbedaan yang jelas
terletak pada jumlah varibel bebas dan terikatnya. Analisis Multivariat
variabel terikatnya lebih dari satu, sedangkan variabel bebasnya bisa hanya
satu ,tujuannya adalah untuk mencari pengaruh variabel-variabel tersebut
terhadap suatu obyek secara simultan atau serentak.
Contoh :
Dalam bidang pemasaran yaitu, menganalisis
pengaruh variable kualitas produk, harga dan saluran distribusi terhadap
kepuasan pelanggan. misalnya pengaruh kecepatan layanan, keramahan petugas
dan kejelasan memberikan informasi terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan.
Analisis
multivariat digunakan karena pada kenyataannnya masalah yang terjadi tidak
dapat diselesaikan dengan hanya menghubung-hubungkan dua variable atau melihat
pengaruh satu variable terhadap variable lainnya. Sebagaimana contoh di atas,
variable kepuasan pelanggan dipengaruhi tidak hanya oleh kualitas produk tetapi
juga oleh harga dan saluran distribusi produk tersebut.
III.
KESIMPULAN
Yuk sobat kita simpulkan dari
pembahasan diatas, jadi analisis data penelitian
kuantitatif berdasarkan jumlah variabelnya dapat dibagi menjadi 3 yaitu
analisis Univariat, Bivariat, dan Multivariat.
Univariat itu
kita menganalisis satu variabel dan tidak terkait yaa, Bivariat
adalah menganalisis dengan 2 variabel yaitu variabel bebas dan terikat, dimana
jumlah variabel terikat hanya satu, dan variabel bebasnya bisa lebih dari satu,
dan Multivariat adalah analisis variabel
terikat yang lebih dari satu dan variabel bebasnya bisa hanya satu.
REFERENSI:
Setyawati.Farida
Agus.2017.STATISTIKA TERAPAN Untuk Penelitian pendidikan dan sosial.Yogyakarata:
Parama Publishing.
Simamora.Bison.2005.Anailsis Multivariat Pemasaran.Jakarta:
PT Gramedi Pustaska Utama.
https://journal.ugm.ac.id/populasi/article/download, analisis statistik sederhana untuk pengambilan populasi.diakses
pada 23 April 2018
Gudono.2011.Analisis Data Multivariat.Yogyakarta:
BPFE-Yogyakarta.
Alamat web : http://norkhalifah1515.blogspot.co.id/2018/05/statistika-terapan-analisis-univariat.html
Komentar
Posting Komentar