ANEKA MACAM DIAGRAM DALAM STATISTIKA (Ayub Ardani 1617202089)



ANEKA MACAM DIAGRAM DALAM STATISTIKA



Diajukan Guna Memenuhi Tugas Tersruktur:
Mata Kuliah : Statistik 2
Dosen Pengampu : Mahardika Cipta Raharja, S.E., M.Si.



Disususn Oleh :
            Ayub Ardani                                                 (1617202089)



PERBANKAN SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
IAIN PURWOKERTO
2018

Dalam membuat karya ilmiah biasanya kita dituntut untuk dapat menyajikan data secara gamblang atau jelas. Data berupa angka-angka akan sangat sulit tentunya untuk disajikan dalam bentuk paragraf. Oleh karenannya kita perlu menggunakan fungsi tabel, grafik, ataupun diagram untuk mendapatkan data secara cepat dan akurat. Dan sebelum kita belajar menggunakannya alangkah lebih baiknya jika kita pelajari terlebih dahulu apa sih yang dimaksud tabel, diagram, dan grafik.Di dalam artikel ini akan membahas apa sih yang dimaksud dengan diagram dan apa saja jenis dari diagram itu.
            Dari pengertiannya, diagram/ skema adalah gambar sederhana yang menggunakan garis dan simbol untuk menggambarkan struktur dari obyek tertentu secara garis besar. Misal untuk mempelajari organisasi kehidupan dari sel sampai organisme. Diagram juga bisa dikatakan sebagai lambang-lambang tertentu yang dapat digunakan untuk menjelaskan sarana, prosedur serta kegiatan yang biasa dilaksanakan dalam suatu sistem.
Diagram menurut Somantri (2006:107) adalah gambar-gambar yang menunjukan data secara visual, di dasarkan atas nilai-nilai pengamatan aslinya ataupun dari tabel-tabel yang dibuat sebelumnya.
Jadi diagram adalah alat penyajian data statistik yang berupa lukisan baik lukisan garis, gambar ataupun lambang yang bertujuan untuk mempertegas dan memperjelas penyajian data, mempercepat pengertian, mengurangi kejenuhan melihat angka, dan menunjukkan arti secara menyeluruh.

Macam-Macam Diagram pada Statistika
1.      Diagram garis
Diagram garis sering disebut juga peta garis (line chart) atau kurva (curve), merupakan bentuk penyajian yang paling banyak dipakai dalam berbagai laporan perusahaan maupun penelitian ilmiah. Data statistik dapat diklasifikasikan atas ciri-ciri kronologis, geografis, kuantitatif maupun kualitatif. Salah satu bentuk data yang dapat diklasifikasi secara kronologis adalah data deret berkala (time series). Sebagian besar distribusi data dapat diklasifikasi secara kuantitatif dalam bentuk distribusi frekuensi. Hasil kedua cara klasifikasi tersebut dapat digambarkan secara visual dalam bentuk kurva. Sedangkan data yang diklasifikasikann berdasarkan geografis maupun kualitatif, jarang digambarkan dalam bentuk kurva. Data demikian dapat digambarkan dengan peta balok (bar chart) atau bentuk peta lainnya.


2. Diagram lingkar (pie diagram)
Diagram lingkar ini menarik, namun memiliki sisi kelemahan dalam hal tujuan untuk perbandingan antara sektor-sektor yang terdapat dalam lingkarannya. Penyajian berbagai data yang besarnya berbeda (ekstrim) dalam diagram yang sama, merupakan suatu prosedur yang meragukan. Mengingat lingkaran terdiri dari 360 derajat, maka 3,6 derajat berarti menggambarkan persentase sebesar 1%.
3. Diagram Batang
Grafik jenis ini bermanfaat untuk membandingkan sesuatu objek, atau peristiwa yang sama dalam waktu yang berbeda, atau menggambarkan berbagai objek/hal yang berbeda tentang sesuatu yang sama.

4. Diagram Lambang
Diagram ini sering dipakai untuk mendapatkan gambaran kasar suatu hal dan sebagai alat visual bagi orang awam. Setiap satuan jumlah tertentu dibuat sebuah simbol sesuai dengan macam datanya. Kesulitan yang dihadapi pada diagram lambang ini adalah ketika menggambarkan bagian simbol untuk suatu hal yang tidak penuh.

Data penjualan sapi perah selama 4 tahun  “PT. Maju Mundur”

Tahun
Jumlah (ekor)
2007
7.000
2008
10.000
2009
9.000
2010
12.000

Bentuk piktogram dari data penjualan sapi perah selama 4 tahun  “PT. Maju Mundur”

5. Diagram Peta
Diagram ini juga dinamakan kartogram. Dalam pembuatannya digunakan peta giografis tempat data terjadi. Diagram ini melukiskan keadaan di hubungan dengan tempat kejadian. Salah astu contoh ketika kita melihat buku peta bumi yang terdapat peta daerah/pulau dengan mencantumkan gambar-gambar kelapa, jagung, kuda, sapi ,dan lain-lain.
Contoh Diagram Peta

6. Diagram Pencar
Untuk kumpulan data yang terdiri atas dua variabel dengan nilai kuantitatif, diagramnya dapat dibuat dalam sistem sumbu koordinat dan gambarnya akan merupakan kumpulan titik-titik yang terpancar.
Contoh Diagram Pencar
       Demikianlah aneka macam diagram dalam statistik. Tentunya diagram sangatlah membantu dalam membaca dan memahami suatu data.


Sumber :
Abuzar, Rudiansyah. 2016. STATISTIK TERAPAN. Jakarta: IN MEDIA.
http://statistikdasar.com/files/materi/penyajian_data_dalam_diagram.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS UNIVARIAT, BIVARIAT DAN MULTIVARIAT

Penerapan Statistika Dalam Kehidupan Sehari-hari (Fitri Hidayatuz Zahroh)

Distribusi Poisson dan Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari-hari