Peran Statistik dalam Perekonomian

Tema : Statistik  Dasar

PERAN STATISTIK DALAM PEREKONOMIAN
Nama : Siti Hasanah
NIM : 1617202122
Kelas : 4 perbankan syariah C
Matakuliah : Statistik Ekonomi II
Dosen : Mahardika Cipta  Raharja, S.E.,M.Si.


Statistik sebagai suatu  yang berkenaan dengan data numerikal  sebebnarnya sudah banyak digunakan oleh banyak masyarakat, contoh untuk mlenghitung  jumlah populasi penduduk, perpajakan, pencatatan  personel militerdll. Dalam perkembangan politik, ekonomi dan bisnis masalah ketidakpastian merupakan masalah yang senantiasa dihadapi oleh para pelaku bisnis dan ekonomi seperti didalam memprediksi volume dan nilai penjualan untuk periode yang akan datang. Peranan statistik dalam ekonomi, politik  dan bisnis sangat baik katrena statistic dapat membantu perusahaan khuususnya pimpinan dalam pengambilan keputusan.
Ruang Lingkup Statistika
Definisi dari statistika sendiri adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi dan memppresentasikan data. Dalam studi,  statistika dibagi menjadi 4  yaitu statistika deskriptif, teori probabilitas, analisa keputusan dan statistika inferensi.
Statistika deskriptif
Statistika deskriptif berhubungan dengan penggambaran (pendeskripsian) data baik secar numeric (rata-rata , standar deviasi, median, modus dan lainnya) atau grafis (dalam bentuk tabel dan grafik)  sehingga  data data tersebut lebih mudah dibaca  dan dimengerti
Teori probabilitas
Probabilitas atau peluang adalah angka yang menunjukan tingkat keyakinan tentang suatu peristiwa. Teori probabilitas akan digunakan  apabila kita menggunakan statistik inferensial.
Analisa keputusan
Dalam menganbil keputusan, statistic berguna untuk menganalisa keputusan mana yang lebih baik akan diambil atau diterapkan.
Statistika inferensial
Statistika inferensial adalah pernyataan yang diambil dari sampel suatu populasi secara random untuk menggambarkan populasi yang sebenarnya.
Tahapan dalam menggunakan ilmu statistika
Dalam menyelesaikan permasalahan secara statistik harus digunakan pendekatan ilmiah yang terdiri dari beberapa tahap diantaranya:
Mengidentifikasi  persoalan
Pertama  kali persoalan  yang di hadapi harus di fahami dan di definisikan dengan benar. Sering dilaporkan bahwa kesalahan kesimpulan  studi disebabkan karena kesalahan mendefinisikan persoalan.
Pengumpulan fakta-fakta yang ada
Data harus dikumpulkan dengan tepat dan selengkap mungkin  serta behubungan dengan persoalan yang dihadapi. Sumber data dapat digolongkan dalam dua kategori yaitu eksternal dan internal, data internal dapat ditemukan pada bagian-bagian yang ada dalam suatu organisasi.data eksternal misalnya data yang diperoleh dari publikasi pemerintah, jurnal berkala dan lain-lain.
Mengumpulkan data asli yang baru
Seringkali data yang diperlukan tidak tersedian pada sumber-sumber yang ada, karena itu harus dikumpulkan sendiri.
Klasifikasi data
Setelah dta dikumpulkan, tahap berikutnya adalah mengelompokan fakta-fakta sesuai dengan tujuan studi. Menidentifikasi data-data berdasarkan kemiripan sifat-sifatnya dan penyusunannya kedalam kelompok-kelompok dinamakan klasifikasi.
Penyajian data
Ringkasan informasi yang disaikan dalam bentuk tabel, diagram dan ukuran-ukuran deskriptif seperti rata-rata dan disperse, membantu analisis dalam menyampaikan hal-hal penting kepada pihak lain.
Analisis data
Jika data dikumpilkan dari sampel , maka berdasarkan ukuran-ukuran deskriptif yang telah dihitung dilakukan pendugaan nilai parameter  populasi dan pengujian asumsi parameter atau cirri-ciri populasi. Kemeudian analisis menafsirkan hasil pendugaan dan membuat kesimpulan atas hasil pengujian.

Berikut contoh penerpan ilmu statistika ekonomi pada bisnis
Salah satu contoh dari penerapan ilmu statistika ekonomi pada bisnis yaitu pengginaan indeks tendensi bisnis  (ITB). Indeks Tendensi Bisnis  adalah indikator perkembangan ekonomi terkini yang datanya diperoleh dari  survei  Tendensi  Bisnis (STB) yang dilakukan oleh Badana Pusat Statistik  bekerja sama dengan Bank Indonesia  dengan variabel pembentuk indeks tendensi  bisnis yaitu pendapatan usaha, penggunaan kapasitas produksi/ usaha dan rata-rata jam kerja dengan memasukan 9 sektor yang ada antara lain :
Pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan
Industry pengolahan
Pertambangan dan penggalian
Listrik, gas dan air bersih
kontruksi
perdagangan, hotel dan restoran
transportasi dan telekomunikasi
keuangan, persewaan dan jasa
setelah dijabarkan, bagaimana peranan statistika ekonomi dalam berbagai disiplin ilmu khususnya dalam ekonomi, idustri dan bisnis diharapkan bisa membanti menentukan keputusan yang akan diambil secara tepat, sehingga hasilnya sesuai harapan.
statistika membantu dalam mengambil kepustusan yang tepat, alat untuk mengendalikan kualitas dan memungkinkan untuk mengetahui peluang suatu kejadian di masa mendatang
statistika sering di gunakan oleh ekonom, pemimpin perusahaan baik dalam bidang keuangan, manajement, akuntansi  dan bidang lainnya.
Dalam esensi statistika ada tiga hal yang sangat penting dari statistika yaitu : data yang tersedia/ data historis , adanya kepuasan dalam keputusan
Dalam bidang bisnia statistika diterapkan anatara lain, perhitungan indeks tendensi bisnis, perhitungan deviden, peluang mendapatkan keuntungan jika  menanamkan  investasi di shama dan lainnya.
Sensus penduduk merupakan salah astu prosedur yang paling dikenal . aplikasi statistika lainnya yang sekarang popular adalah prosedur jajak pendapat atau polling (misalnya dilakukan sebelim pemilihan umum) serta jajak cepat (perhitungan cepat hasil pemilu) atau quick count
Dibidang komputasi, statistika dapat pula diterapkan dalam pengenalan pola maupun kecerdasan buatan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS UNIVARIAT, BIVARIAT DAN MULTIVARIAT

Penerapan Statistika Dalam Kehidupan Sehari-hari (Fitri Hidayatuz Zahroh)

Distribusi Poisson dan Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari-hari