Angka Indeks

Nama : Ratna Miftakhul Jannah
NIM : 1617202118
Kelas : 4PSC
Dosen pengampu: Mahardhika C. R., S. E., M. Si

ANGKA INDEKS
A. Pendahuluan
Angka index adalah salah satu ukuran statistik yang dipakai untuk menunjukan perubahan di dalam nilai suatu variabel atau didalam nilai-nilai sekumpulan variabel yang berhubungan satu sama lain.
     Pada bidang ekonomi angka index merupakan suatu metode analisa yang ditunjukan untuk mengetahui bagaimana fluktuasi maupun perkembangan harga dari berbagai macam komoditas yang selanjutnya pula dapat dipergunakan untuk mengetahui seberapa besar laju inflasi yang terjadi dari waktu ke waktu.
B. Pembahasan
Pengertian dan Manfaat Angka Indeks
Dalam setiap kegiatan pasti mengalami kemajuan dan kemunduran kadang produksi meningkat, dan kadang pula menurun. Hasil penjualan perusahaan juga dapat meningkat ataupun menurun. Untuk mengetahui maju mundurnya suatu usaha diperlukan angka indeks. Angka indek atau  indeks merupakan suatu angka yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat dipergunakan untuk melakukan perbandingan antara kegiatan yang sama dalam dua waktu yang berbeda.
Angka indeks adalah ukuran statistika yang menunjukan perbandingan antara suatu nilai dengan nilai yang lain. Angka Indeks merupakan suatu metode analisis yang digunakan untuk mengetahui tentang fluktuasi harga berbagai komoditas perdagangan yang selanjutnya juga dapat digunakan untuk mengetahui laju inflasi dari suatu periode waktu.
Dalam angka indeks terdapat tahun dasar, waktu dasar adalah waktu atau tahun yang lalu yang disebut sebagai tahun dasar, yaitu waktu atau tahun yang dijadikan dasar untuk menentukan perkembangan suatu harga. Penentuan tahun dasar harus memperhatikan pemilihan tahun dasar sebaiknya berdasarkan waktu kondisi perekonomian yang relatif stabil, jarak antara tahun dasar dengan tahun sekarang tidak terlalu jauh, dan dalam penentuan tahun dasar perlu diperhatikan kejadian penting misalnya kenaikan tarif listrik dan BBM.
Manfaat angka indeks yaitu untuk mengetahui perkembangan hasil penjualan perusahaan dari tahun ke tahun, untuk membuat kebijakan yang harus diambil pemerintah dalam perekonomian. Contoh dengan mengetahui produksi barang tahun ini dibanding tahun kemarin. Perbandingan jumlah penduduk tahun ini dengan tahun lalu, hal ini akan dapat digunakan pemerintah untuk membuat kebijakan-kebijakan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan.
Jenis-jenis angka indeks.
Ada beberapa jenis angka indeks diantaranya adalah sebagai berikut:
Angka indeks harga
Indeks harga adalah angka yang menunjukan perubahan pada harga-harga barang, baik harga untuk satu macam barang maupun berbagai macam barang dalam periode waktu..
Angka indeks kuantitas
Indeks kuantitas adalah angka yang menunjukan perubahan jumlah barang yang dihasilkan, barang tersebut adalah barang yang sama untuk diekspor, dijual, dan sebagainya dalam periode sama maupun berlainan.
Angka indeks nilai
Indeks nilai adalah angka yang dapat dipergunakan untuk mengetahui nilai mengenai barang yang sejenis atau sekumpulan barang dalam jangka waktu yang diketahui.
Kesulitan-kesulitan di dalam menghitung angka indeks
Kesulitan mendapatkan data yang ukuranya sesuai dengan satuan yang diinginkan (misal waktu).
Contoh: misalnya kita akan membuat indeks penjualan suatu perusahaan setiap bulan. Namun data yang tersedia tahunan atau sebagian datanya tahunan, sehingga indeknya terpaksa bulanan.
Kesulitan memperoleh data yang layak diperbandingkan.
Contoh: untuk menghitung indeks harga beras dari tahun 2002 sampai tahun 2007. Pada tahun 2002 dan 2003 macam-macam beras yang ada dipasar adalah: beras VUTW, PB5, dan Rajalele. Namun tahun 2004 sampai dengan 2007 yang ada dipasar adalah beras Rajalele, C4, dan Mentik. Beras Rajalele ada dipasar, tetapi VUTW dan PB5 didaerah ini sudah tidak ada. Yang ada dipasar adalah C4 dan Mentik. Dengan demikian kurang tepat bilamana dibandingkan begitu saja, sebab kualitasnya berbeda. Andaikata pada waktu yang sama tersedia harga 4 macam beras itu, harga persatuan pasti berbeda.
Pemilihan tahun dasar
Tahun dasar adalah tahun yang digunakan sebagai dasar pembanding sehingga diberi indeks = 100.
Untuk memilih tahun dasar yang baik, pertimbangannya sebagai berikut:
Dipilih tahun dasar yang keadaan ekonominya stabil
Tahun dasar harus up to date.
Menghitung angka indeks
Ada beberapa cara atau metode untuk menghitung angka indeks.
Angka indeks tidak tertimbang, dapat dicari dengan metode relatif tidak tertimbang, metode agregatif sederhana, dan metode rata-rata dari angka relatif.
Angka indeks tertimbang, dapat dicari dengan menggunakan metode-metode laspeyres indeks, paasche indeks, drobish indeks, irving fisher indeks, serta metode rata-rata tertimbang dari angka relatif.
Indeks berantai adalah indeks yang tahun dasarnya selalu setahun (periode) sebelumnya. Misalnya indeks berantai berupa: relatif berantai, indeks berantai dan consumer price indeks.
C. Kesimpulan
Angka Indeks merupakan suatu metode analisis yang digunakan untuk mengetahui tentang fluktuasi harga berbagai komoditas perdagangan yang selanjutnya juga dapat digunakan untuk mengetahui laju inflasi dari suatu periode waktu.
Ada beberapa jenis angka indeks diantaranya adalah angka indeks harga, angka indeks kuantitas, dan angka indeks nilai. Kesulitan-kesulitan dalam menghitung angka indeks meliputi Kesulitan mendapatkan data yang ukuranya sesuai dengan satuan yang diinginkan (missal waktu), Kesulitan memperoleh data yang layak diperbandingkan.Ada beberapa cara atau metode untuk menghitung angka indeks yaitu Angka indeks tidak tertimbang, Angka indeks tertimbang, dan Indeks berantai.






DAFTAR PUSTAKA
Sujarweni, v. wiratna. 2015. Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Subagyo, Pangestu. 2010. Statistika Terapan untuk Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Supranto. 2008. Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS UNIVARIAT, BIVARIAT DAN MULTIVARIAT

Penerapan Statistika Dalam Kehidupan Sehari-hari (Fitri Hidayatuz Zahroh)

Distribusi Poisson dan Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari-hari