Jenis-Jenis Statstik


JENIS-JENIS STATISTIK




Nama   : Devi Septianingrum
Nim     : 16171202093
Tugas   : Statistika II
Kelas    : 4-PS C
Dosen   : Mahardika Cipta Raharja, SE., M.Si.

A.    PENDAHULUAN
Statistika berasal dari bahasa latin yaitu status yang berarti negara dan digunakan untuk urusan negara. Hal ini dikarenakan pada mulanya, statistik hanya digunakan untuk menggambar keadaan dan menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan kenegaraan saja seperti : perhitungan banyaknya penduduk, pembayaran pajak, gaji pegawai, dan lain sebagainya.
Statistika adalah ilmu yang merupakan cabang dari matematika terapan yang membahas metode-metode ilmiah untuk pengumpulan, pengorganisasian, penyimpulan, penyajian, analisis data, serta penarikan kesimpulan yang sahih sehingga keputusan yang diperoleh dapat diterima. Berdasarkan pada definisi tersebut, statistika dibagi dalam dua jenis yaitu statistika deskriptif dan statistika induktif.








 













B.     PEMBAHASAN
Pengertian deskriptif adalah teknik yang digunakan untuk mensarikan data dan menampilkannya dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh setiap orang. Hal ini melibatkan proses kuantifikasi dari penemuan suatu fenomena. Statistika deskriptif dapat memberikan pengetahuan yang signifikan pada kejadian fenomena yang belum dikenal dan mendeteksi keterkaitan yang ada di dalamnya. Statiftik Deskriptif mempunyai kegiatan mulai dari mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data. Penyajian data dapat berbentuk tabel, diagram, ukuran, dan gambar.
Berikut beberapa contoh dari statistika deskriptif.
Statistika deskriptif dalam bentuk uraian. (a) Bank Rakyat pada tahun 2007 menyalurkan kredit sebesar Rp 90 triliun dengan laba operasi mencapai Rp 4,26 triliun dan menjadi emiten terbaik pada tahun 2007. (b) Menurut PT Jasa Marga, jumlah kecelakaan di jalan tol pada tahun 2006 mencapai 250 kecelakaan dengan jumlah kematian 68 orang. Statistika deskriptif pada contoh tersebut menguraikan apa yang terjadi tanpa menarik sebuah kesimpulan.
a.         Penyajian dalam bentuk diagram. Berikut adalah aset dari lima bank terbesar di Indonesia pada tahun 2006.







Dengan menyajikan angka-angka ke dalam bentuk gambar, data menjadi lebih mudah untuk dipahami. Statistika deskriptif berusaha menyajikan data menjadi informasi yang berguna dalam berbagai bentuk diagram dan gambar.
Perhatian statistika induktif adalah mengetahui suatu hal dari suatu populasi berdasarkan sampel yang ditarik dari populasi tersebut. Perhatikan contoh berikut:
a.       Pedagang jeruk mengatakan bahwa jeruknya manis. Untuk membuktikan bahwa jeruknya manis anada dipersilahkan mencoba 1 buah.setelah mencoba 1 buah ternayata jeruknya manis Anda memutuskan untuk membeli 1 kg yang berisi 9buah. Anda yakin bahwa 9 jeruk yang anda beli manis, hanya dengan mencoba 1 buah. Inilah yang disebut dengan menarik kesimpulan dari populasi berdasarkan contoh. Jeruk sebanyak 9 buah yang Anda beli adalah populasi dan 1 jeruk yang Anda coba adalah sampel.
b.      PTH.M.Sampoerna yang merupakan salah satu produsen rokok meluncurkan produk baru bernama “Sampoerna A International” isi 12 batang. Rokok ini dibuat untuk memenuhi keinginan konsumen untuk kenikmatan yang premium dan harga terjangkau. Bagaimana perusahaan ini bisa menjamin bahwa seluruh produknya memiliki kenikmatan premium. Bagian mutu mengambil sebagian kecil misalnya hanya 0,001% dari 4,4 miliar batang. Apanila yang diambil rasanya bagus, maka yang 4,4 miliar batang juga bagus. Statistika induktif mengajarkan bahwa dengan merasakan hanya 0,001% rokok sama. Mengapa tidak dicoba? Kalu dicoba semuanya, tentunya rokoknya akan habis dicoba sendiri, lalu bagian mana yang akan dijual?
Pada contoh (a) kita menaruh perhatian pada buah jeruk yang dimakan sebanyak 1 buah untuk merasakan manis atau tidaknya dinamakan sampel. Pada contoh (b) jumlah dari 0,001% yang diuji oleh bagian mutu dari produksi rorkok “Sampoerna A International” dinamakan sampel. Hubungan populasi dan sampel dapat digambarkan sebagi berikut:





 


                                  Populasi                                                            Sampel

C.                         KESIMPULAN
D.                         
                Populasi                                                    Sampel

Statistika berasal dari bahasa latin yaitu status yang berarti negara dan digunakan untuk urusan negara. Statistika adalah ilmu yang merupakan cabang dari matematika terapan yang membahas metode-metode ilmiah untuk pengumpulan, pengorganisasian, penyimpulan, penyajian, analisis data, serta penarikan kesimpulan yang sahih sehingga keputusan yang diperoleh dapat diterima. Berdasarkan pada definisi tersebut, statistika dibagi dalam dua jenis yaitu statistika deskriptif dan statistika induktif.


Refrensi
                Suharyadi, Purwanto S.K. Statistika: Untuk Ekonomi dan Keuangan Modern, Edisi 2 Buku 1.Jakarta: Salemba Empat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS UNIVARIAT, BIVARIAT DAN MULTIVARIAT

Penerapan Statistika Dalam Kehidupan Sehari-hari (Fitri Hidayatuz Zahroh)

Distribusi Poisson dan Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari-hari